RSS
Facebook
Twitter

Saturday, June 8, 2013

APEL

ngomongin "apel" , kadang bikin gue inget zaman SMA dulu. ketika itu ngapelin pacar gak semudah sekarang butuh perjuangan buat ngelaluinnya.
iya, apel. bagi yang nggak tau "apel" itu sejenis buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh manusia, kalo masak biasanya berwarna merah tapi juga bisa berwarna hijau atau kuning.
ok , gue lagi nggak fokus. "apel" yang ini beda. "apel" ini adalah ritual mendatangi pacar. pacar sendiri ya bukan pacar orang lain...ingat.
kadang gue heran kenapa dinamain "apel"? kenapa nggak "kacang" aja? kan kasian yang jomblo, malam minggunya pasti dikacangin. beda dengan yang punya pacar, pasti malam minggunya makan apel. beda banget. kasian.

sebenarnya " ngapelin pacar" itu penting dan wajib karena banyak hal berguna yang bisa dilakuin waktu ngapel ,seperti : ketemu calon mertua , ngobrol dengan calon mertua, makan malam bersama, bantuin ngepel lantai rumah dan nemenin bokap gebetan main catur. pokoknya lebih mendekatkan diri dengan pacar maupun calon mertua. pentingkan?
tapi terkadang ngapel itu juga punya dampak lain yang berbahaya, contoh : di waktu rumah pacar lagi kosong. bokap,nyokap ,adik serta kakaknya lagi pergi cuma nyisain pacar kita seorang dirumah. ini berpotensi buat dimanfaatin berdua-duaan. ujung-ujungnya si setan dateng ngedeketin otak dan sesuatu pun terjadi...ooeeekkk.

makanya "nenek bilang itu berbahaya" , kalo bisa waktu ngapel musti ada kedua orang tuanya itu lebih baik.

so, seperti yang tadi gue bilang, semuanya butuh perjuangan termasuk ngapelin pacar. sesuai dengan pepatah " berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian.sakit dahulu, senang belakangan". ya, kalo kita punya niat buat melangkah apapun bakal kita lakuin. jangan pikirin sakitnya, lakuin dulu usahanya. seperti yang pernah gue alami :

terlahir dari keluarga yang biasa-biasa aja mengharuskan gue buat selalu berusaha kalo mau dapet sesuatu termasuk soal cinta.
ceritanya gini.
dulu zaman SMA gue pernah punya pacar. tapi sayangnya gue belum punya kendaraan pribadi.
suatu saat dimalam minggu gue punya niat buat dateng kerumahnya.

malam itu indah banget banyak bintangnya. bintangnya kerlap-kerlip di langit memberikan sebuah kerinduan di hati, sayangnya nggak ada matahari cuma ada bulan. coba aja matahari ama bulan temenan waktu malam ,apa jadinya?
malem itu gue tampil ganteng. gue mandi, keramas dan tidak lupa menggosok gigi. berpakaian rapi dan rambut disisir belah tepi. ya, sebagai pacar yang budiman gue nggak mau ngecewain dia apalagi ngecewain calon mertua.

waktu udah nunjukin pukul 18.45 , gue pamitan ama orang tua.

" ayah , bunda...mohon doa restunya , ananda mau berkunjung kerumahnya adinda"
" ya...ya..ayah doain semoga pacarnya ananda menerima kedatangan ananda dengan iklas..ayahnda sayang ananda"
" ananda juga sayang ayah dan bunda"
kami pun pelukan.sweet.

setelah pamit gue berangkat. gue mesti cepat , soalnya gue naik angkot buat menuju rumah dia. ya, ANGKOT.itu lho kendaraan umum.

emang kalo ngapelin pacar naiknya angkot itu kurang kondusif. soalnya naik angkot itu rawan seperti fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini. tapi mau gimana lagi " demi dia , apapun gue bakal lakuin".

didepan gue ada angkot berhenti. gue naik, didalam angkot rame banget. duduknya dempet-dempetan. disebelah kanan gue ada nenek-nenek menopause disebelah kiri ada anak kecil yang lagi makan ice cream. ini nggak seindah di sinetron-sinetron dimana kita bisa ketemu cewek cakep yang bisa di ajak kenalan trus tukeran nomor handphone, seminggu kemudian jadian.beda.
disini gue bener-bener ngerasa nggak nyaman.selain ngerasa gerah karena dempet-dempetan ,angkot itu juga jalannya lamaa banget. ya, yang namanya kendaraan umum kan nggak cuma ngelayanin kita doang. sebentar-sebentar berhenti buat nurunin penumpang , sebentar lagi berhenti buat naikin penumpang. makanya cowok yang biasanya naik angkot itu susah dapet jodoh karena cewek itu nggak suka berlama-lama.

tiba-tiba , plug...ice cream jatuh tepat di celana gue, pelakunya siapa lagi kalo bukan anak kecil disebelah kiri gue.nyaris murka.
" ini kan celana baru di beli , kreditannya belum abis masih sebulan lagi"..
gue mau marah tapi ketahan karna nggak tega mandangin si bocah yang dari raut wajahnya nunjukin penyesalan yang mendalam.
pikir gue , ya udah deh ntar bisa di cuci. kejadian naas itu pun coba gue lupain.

gak sampe disitu. selang beberapa lama, jalanan tiba-tiba macet.
" apakah si komo lewat?" .bukan.
ternyata ada truk terbalik di depan dan ini lagi proses pengangkatannya. gue galau.berapa lama lagi gue bisa nyampe rumah pacar?.
rumah doi emang lumayan jauh.kalo aja gue punya motor? . bleeep
untungnya kemacetan itu cepat merenggang, angkot melaju kembali.gue happy.
sampe akhirnya gue nyampe juga di depan rumah pacar gue. pas gue mau bayar...
" ini dompet gue kok nggak ada?"
" ada apa mas?" tanya sopir angkot
" aa anu..anu...dompet saya kemana ya?
" kalo nggak ada uang jangan naik angkot dong!"
" bentar bang ...bentar, mungkin dompetnya lagi jalan-jalan"  gue yakin pasti ada yang nyopet dompet gue, cuma gue nggak nyadar kapan terjadinya. gue nggak mungkin lupa bawa dompet. gue juga nggak mungkin nuduh orang-orang di angkot, yang ada pencopetnya nggak bakal ngaku.

gue merogoh kocek celana dalem-dalem tapi gak ada uang yang terselip di sana. APES.
" cepetan mas...bayar" sopir angkot mulai murka. tampangnya udah mirip vampire yang mau ngisap darah gue.
gue gagap. keringat dingin mengucur deras.
beruntung TUHAN masih menyertai.
" ada apa beb?" pacar gue muncul tiba-tiba sambil menepuk bahu gue.gue kaget.
" ini..ini..gue mau bayar angkot tapi uangnya nggak ada padahal barusan tadi ada"
" ya  udah biar aku bayarin dulu. entar ganti ya"

selamet-selamet. angkot berlalu gue bersyukur. akhirnya gue bisa ngapelin pacar dengan selamat.
tapi pikiran gue belum tenang " gue balik nanti pake apa?"." apa harus minjem lagi". ya mau nggak mau deh.

malem itu penuh derita juga penuh kebahagiaan. mungkin inilah yang disebut perjuangan.

sekian.


11 comments:

  1. bingung, mau ketawa atau mau takjub sama ceritamu bek..

    ReplyDelete
  2. itu trik minta dibayar ya kak :D

    ReplyDelete
  3. trus..pulangnya gmn bek??jalan kaki atau ngesot??

    ReplyDelete
  4. hehhehe,,,, perjuangan,,, kisah nyata ya kak?

    ReplyDelete
  5. hahaha..iya ya mas kenapa g kepikiran ya namanya harus apel? Kenapa g kacang aja..haha..

    ReplyDelete
  6. perjuangan yang membuat kerigatan panas dingin, pasti mukanya memerah pas pacarnya datang, ehh kamu kehilangan uangnya, nah entah uangnya hilang atau kamunya yang kelupaan bawa uangnya.. hahaaa

    salam blogger bebek.

    ReplyDelete
  7. sedih aku ngebaca cerita perjuangan kamu bek

    ReplyDelete
  8. terus balik pinjem duit siapa bek?
    begitulah perjuangan..~

    ReplyDelete
  9. Cewek yang mana lagi nih kak bebek..:D

    ReplyDelete
  10. Hahahahahaa. Eh ini postingan udah berjamur, ayo posting!

    ReplyDelete
  11. Asem banget kisah lo bek.. hahaha

    ReplyDelete

Berbuat baiklah dengan berkomentar,
ibarat kata pepatah" jagalah hati jangan kau nodai".....

  • yang udah Ngintip

  • Teman Sekuali

  • About Me

    My Photo
    BeeBekkkk
    gue Ganteng , udah.
    View my complete profile